Anies Minta Sediakan Wadah untuk Daging Kurban

GERCIN.id – Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar tak menggunakan kantong plastik untuk wadah daging kurban saat Idul Adha nanti. Imbauan tersebut tertuang dalam Seruan Gubernur (Sergub) DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019.

“Tidak menggunakan kantong plastik hitam atau kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban. Menggunakan alternatif pembungkus daging ramah lingkungan,” demikian kutipan seruan Sergub Nomor 4 Tahun 2019, Minggu (28/7/2019).

Meskipun demikian, Dinas LH DKI memastikan akan tetap memantau penggunaan kantong plastik saat Idul Adha 2019/1440 H. Dinas LH DKI juga sudah meminta jajaran di tingkat kecamatan memberi imbauan kepada panitia kurban.

“Ikut (pantau). Kita sudah buat instruksi untuk seluruh satuan pelaksana lingkungan hidup kecamatan se-DKI,” ujar Humas Dinas LH DKI Yogi Ikhwan.

Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI M Taufik sebelumnya menilai seruan Anies agar pembagian daging kurban tidak menggunakan kantong plastik baik untuk dijalankan. Namun Taufik juga meminta Pemprov DKI menyiapkan wadah alternatifnya.

“Nggak (menyediakan wadah), panitia kurban masing-masing. Alternatifnya sudah banyak yang menyediakan dan mudah juga ditemui di Jakarta/Bodetabek,” ucap Yogi.

“Ya saya kira bagus ya. Kita harus kita perangi plastik. Kan bisa pakai yang lain kan,” kata penasihat Fraksi Gerindra, M Taufik, kepada wartawan, Minggu (28/7).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free hit counter