Gempa 5,7 SR Guncang Cilacap, Tidak Berpotensi Tsunami

GERCIN.id – Cilacap. Getaran gempa bumi 5,7 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), terasa hingga Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar). Warga sempat berhamburan keluar rumah sementara wisatawan di pantai barat Pangandaran juga panik berlari menjauh dari pantai.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa terjadi pukul 16.32 WIB, Minggu (9/6/2019). Lokasi gempa ada di koordinat 8.51 Lintang Selatan-108.86 Bujur Timur, atau (88 km BaratDaya, Cilacap, Jawa Tengah. Gempa berkedalaman 10 km.

Sejumlah warga dan wisatawan mengaku panik karena merasakan getaran gempa yang kuat. Warga di sekitar Pangandaran spontan lari berhamburan keluar rumah dan menunggu getaran hilang. Sejumlah kaum ibu tampak menggendong anaknya dan berkumpul dengan warga lainnya.

“Getarannya terasa sekali,” kata warga yang masih berada di luar rumah usai gempa, Minggu sore.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M 5,7. Kekuatan gempa selanjutnya dimutakhirkan menjadi M 5,5.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan hiposenternya, tampak gempa ini merupakan gempa menengah akibat deformasi batuan pada Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Lempang Eurasia di selatan Cilacap. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan penyesaran naik (thrust fault),” kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumidan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free hit counter