Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

GERCIN.id – Maluku. Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Laut Banda pada Senin (24/6/2019) pagi. Pusat gempa terdapat di laut, berjarak 289 km arat barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Propinsi Maluku dengan kedalaman 220 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tidak percaya terhadap hoaks yang muncul seiring gempa bumi ini. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Senin (24/6/2018) pagi.

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 09.53 WIB. Koordinat gempa 6.51 LS – 129.27 BT. Titik gempa berada di 245 km timur laut Maluku Barat Daya. “Tidak berpotensi tsunami,” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya, Senin (24/6/2019).

Menurut Rahmat, dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi berjenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Laut Banda. “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault),” ujar Rahmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free hit counter