Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Erupsi Mencapai 7 Km

GERCIN.id – Karo. Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali mengalami erupsi pada Minggu (9/6).

Bersamaan dengan letusan tersebut, tercatat tinggi kolom abu mencapai tujuh kilometer. Selain itu, letusan juga disertai dengan awan panas ke arah tenggara 3,5 kilometer dan selatan 3 kilometer. Tidak ada korban jiwa dalam letusan ini. Hal ini ditegaskan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, yang mengatakan “laporan Pusdalops BPBD Karo menyatakan tidak ada korban jiwa.”

Hingga laporan ini disampaikan status Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu masih tetap ‘Siaga’ atau level tiga. Meskipun demikian warga diminta tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi dan juga lokasi dalam ratius tiga kilometer dari puncak gunung, radius sektoral lima kilometer sektor selatan-timur, dan empat kilometer sektor timur-utara.

Untuk mencegah masalah kesehatan akibat abu vulkanik, Armen mengimbau masyarakat di sekitar Sinabung agar selalu mengenakan masker saat keluar rumah. Selain itu, warga yang bermukim di dekat sungai juga harus waspada terhadap aliran lahar.

“Masyarakat juga kita imbau mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free hit counter