Kalah Gugatan, Anies Pastikan Ajukan Banding Terkait Izin Reklamasi Pulau H

GERCIN.id – Jakarta. Pengadilan Negeri Tata Usaha Negara (PTUN) memerintahkan DKI Jakarta untuk memperpanjang izin reklamasi pulau H untuk PT Taman Harapan Indah usai pengembang itu memenangkan gugatan.

“Mewajibkan tergugat untuk memproses izin perpanjangan pelaksanaan reklamasi pulau H kepada PT Taman Harapan Indah sesuai peraturan berlaku,” bunyi putusan yang diteken pada Kamis, 18 Juli 2019.

Perintah tersebut merupakan salah satu isi putusan majelis hakim usai membatalkan dan mencabut Keputusan Gubernur Nomor 1409 Tahun 2018 tentang pencabutan izin reklamasi. SK Gubernur itu yang menjadi dasar pencabutan izin reklamasi untuk PT Taman Harapan Indah.

Dalam putusannya, PTUN membatalkan SK Gubernur DKI tentang pencabutan izin reklamasi Pulau H. Anies menegaskan, akan melawan melalui upaya banding.

“Keputusan nanti kami akan banding. Tapi kami harus menerima petikannya lengkap, setelah diterima kami akan lakukan banding,” kata Anies di Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa, 30 Juli 2019.

Anies mengaku menghormati putusan PTUN Jakarta yang menganulir pencabutan izin reklamasi. Dia juga menghargai langkah pengembang yang menggugatnya melalui jalur hukum.

Meski begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan akan melawan. Dia menyatakan, Pemprov DKI tidak akan mendiamkan rencana pengembang melanjutkan reklamasi.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya akan menyiapkan langkah hukum. Anies menegaskan tidak akan mundur untuk menghentikan proses pembangunan reklamasi. “Kami tidak akan mundur,” ujarnya.

Meski begitu, Anies mengaku DKI tetap menghormati putusan pengadilan soal izin reklamasi tersebut. Dia juga menghargai langkah hukum yang ditempuh oleh PT Taman Indah Harapan. “Setiap warga negara memiliki hak untuk menggunakan jalur hukum dalam semua urusan termasuk soal,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free hit counter