Masyarakat Adat di Papua Minta GERCIN Laporkan Usulan Kementerian Adat ke Presiden Jokowi

GERCIN.id – Jayapura. Masyarakat Adat Papua mendukung kehadiran Organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Rakyat Cinta Indonesia yang di ketuai oleh salah satu putra terbaik anak Papua, Hendrik Yance Udam. “Kami masyarakat Papua berharap ormas GERCIN menjadi sebuah lembaga atau organisasi yang nantinya bisa menjadi ruang atau tempat dimana anak-anak Papua bisa belajar untuk lebih mengenal jati dirinya, mengetahui apa tujuan sebenarnya membangun negeri ini”
Hal itu disampaikan kepala suku besar Biak di Tanah Tabi Yason Arwam dalam suatu kesempatan di Jayapura.

Lebih jauh dijelaskan, sebelum Negara Indonesi mererdeka tahun 1945, masyarakat adat suda ada, dan negara telah mengakuinya. Namun dalam perjalanan kepemimpinan presiden ganti presiden hingga di era kepemimpinan presiden Jokowi, adat terkesan Diabaikan. Padahal kepentingan pembangunan adat rela hutan dan tanahnya diberikan kepada negara untuk membangun, bahkan sebagian tanah dikuasai oleh negara.

Oleh sebab itu, dengan tegas masyarakat adat meminta kepada bapak presiden RI Jokowi untuk segera membentuk Kementerian Adat di masa kepemimpinan dua periode ini, sehingga seluruh kepentingan adat yang menyangkut tanahnya, hutan, laut, manusianya bisa mendapatkan bagian yang layak dalam negara ini. “Kenapa pemerintah sering sebut sebut tiga tungku atau tiga pilar yaitu Adat, Agama dan Pemerintah, tetapi kenyataannya selama ini diabaikan” terang Arwam.

Untuk itu melalui kesempatan ini, masyarakat adat berharap GERCIN sebagai mitra dengan masyarakat adat di Papua, bisa melanjutkan aspirasi masyarakat adat ke bapak presiden RI, untuk segera membentuk satu kementerian baru, yaitu Kementerian Adat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free hit counter