Pendemo Bakar Kantor Majelis Rakyat Papua di Jayapura

GERCIN.id – Jakarta. Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang berlokasi di Kotaraja, Distrik Abepura, Papua, dibakar massa yang sedang melakukan aksi demo.

“Ada aksi (massa) di MRP. Cuma pastinya apa yang terbakar masih dicek,” ujar Kapendam XVII Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto saat dimintai konfirmasi, Kamis (29/8/2019).

Selain terbakarnya gedung MRP, massa menurut Eko juga melakukan pelemparan batu. Massa kini bergerak ke Skyline, Jayapura setelah sempat berkumpul di Waena. Tim gabungan Polri dan TNI masih fokus mengendalikan massa yang jumlahnya cukup banyak. “Kita fokus mengamankan dan mem-backup (pengamanan) Jayapura,” tegas Eko.

Aksi sempat anarkis sehingga polisi melempar gas air mata. Bahkan massa merusak mobil dinas milik Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf Johanes Parinusa.

Saat dikonfirmasi, Johanes membenarkan kendaraan dinas yang ditumpanginya dirusak massa saat hendak memantau kegiatan para pendemo di kawasan Expo, Waena. Aksi demonstrasi juga membuat situasi kota Jayapura dan sekitarnya mencekam, serta aktifitas masyarakat lumpuh.

Pertokoan dan perkantoran di wilayah Jayapura sejak pukul 12.30 WIT nampak ditutup, termasuk Mal Jayapura yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Jayapura. Para pendemo yang berjumlah ribuan orang melakukan aksi perusakan dan pembakaran di sepanjang jalan yang dilewati. Bahkan jaringan telepon saat ini sudah tidak bisa lagi digunakan.

Belum ada pernyataan resmi dari kepolisian terkait aksi pembakaran gedung MRP tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free hit counter